Senin, 05 Januari 2015

JAWA TIMUR, DESTINASI TERSEMBUNYI DI TANAH JAWA

Dibandingkan dengan Jawa tengah, Jawa Timur memang kalah populer di telinga para remaja, terlebih kamu yang tinggal di ibu kota dan sekitarnya. Kalau ditanya tempat asyik untuk berlibur, jawaban mayoritasnya pasti Bali, Bandung, Puncak - Bogor dan Yogyakarta. Padahal kamu juga bisa melihat mutiara indah tiada tara di indonesia, yaitu Jawa Timur. Selama ini mungkin di antara kamu mengenal jawa Timur hanya sebatas "lumpur lapindo' dan gunung Bromo saja, padahal selain menyimpan sejarah yang tak terlupakan, Jawa Timur juga memiliki keanggunan wisata alam yang berlimpah.

Nah biar makin eksis, saya akan rilis 4 tempat wisata paling top dari jawa Timur....let's check this out, guys !

1. SURABAYA

Ke Jawa Timur wajib berkunjung ke kota Surabaya. Soalnya ibu kota Jawa Timur ini menawarkan perpaduan menarik antara gemerlap kota metropolitan dan kota wisata penuh sejarah dan makna. Meski cenderung memiliki cuacana yang panas namun kota ini mampu membuat tamunya betah berlama-lama singgah menikmati setiap inci tubuhnya. Mulai dari Kanjeran park, sebuah kawasan wisata yang sarat dengan balutan khas oriental, seperti warna merah, pagoda, lampion, bahkan naga raksasa, juga pantai ramah yang siap membangkitkan selera liburan kamu. Ada juga taman bungkul, sebuah taman pintar di jantung kota Surabaya yang masih menyajikan hawa sejukdari semiliar angin dari pepohonan rindang dengan arena bermain yang aman, plus gemericik air. Taman ini juga bisa disebut sebagai pusat kongkownya arak-arek Suroboyo. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata kota tua seperti Makam Peneleh, Jalan Gula, Penjara Koblen, Rumah Abu Han atau juga wisata religi seperti Makam Sunan Ampel. Jadi inget ya guys....jangan lupa setiba di Jawa Timur, langsung kunjungi kota Surabaya.

2. KEBUN APEL NONGKOJAJAR
Kali ini ada sebuah penawaran wisata yang memberikan kenikmatan yang berbeda, satu kesempatan yang pasti menyenangkan seluruh keluarga. Wisata ini berbentuk wisata agro, karena Anda akan menikmati sebuah kebun apel terbesar di Indonesia yang memberikan Anda pengalaman berkebun maupun pengalaman memetik apel yang sungguh menarik. Tempat yang akan Anda tuju bernama Krisna Agrowisata, suatu wisata petik apel satu-satunya yang terletak di Desa Andonoari Kecamatan Tutur (Nongkojajar), Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Daerah ini terkenal sebagai daerah penghasil buah Apel terbesar di Indonesia. Bayangkan saja betapa menariknya bila kamu bersama keluarga dapat memetik apel di tengah pemandangan yang cantik, udara yang sejuk  (suhu berkisar antara 17 s/d 24 celcius) dan tentunya bebas polusi, maka jelas bila wisata yang juga membuat tubuh sehat. Kamu juga bisa memperoleh informasi selengkapnya mengenai tanaman apel, mulai dari cara-cara berococok tanam tanaman apel, sampai proses mengolah apel menjadi berbagai macam hasil produksi. Kamu juga akan dibawa menuju kebun apel untuk mengamati tanaman apel secara langsung, ada berbagai macam tanaman apel yang ada di kebun tersebut, tepatnya ada 4 jenis tanaman apel di sana, yaitu manalagi, romebeauty, princess nobel dan ana. Hal menarik lainnya adalah melihat langsung salah satu proses pengolahan apel menjadi cuka apel. Di tempat tersebut terdapat berbagai macam alat-alat yang digunakan untuk memproses tanaman apel menjadi berbagai macam olahan produksi. Anda juga bisa melihat langsung berbagai hasil barang produksi hasil olahan, selain cuka apel yaitu teh apel, wine apel, jenang apel dan juga kripik apel.Wah seru banget kan guys ?
Jangan takut untuk tidak bisa mengaso di sini, karena ada villa yang nyaman yang bisa menjadi tempat untuk beristirahat sambil menikmati kesejukan kebun apel yang asri. Nah, kamu juga bisa membeli apel sebanyak yang kamu mau, ataupun buah lainnya. 
Untuk informasi, Anda bisa mendapatkan paket wisata agro yang di dalamnya termasuk membeli apel, memetik stroberi, bunga krisan, sayur, dan sekaligus perah susu dengan harga Rp 50 ribu perorang per paket.

3. PULAU SEMPU, MALANG
Wisata Pulau Sempu di Malang adalah salah satu objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Pulau Sempu memiliki daya tarik utama nan memikat, yakni Laguna Segara Anakan, sebuah pantai di dalam pulau dengan hamparan pasir putih dan memiliki luas 4 ha. Air di laguna ini adalah air laut yang dipisahkan oleh bebatuan karang.
Kawasan wisata Pulau Sempu secara dominan ditumbuhi oleh pepohonan tropis seluas 877 ha, ini adalah sebuah cagar alam yang langsung dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia.Dengan menikmati wisata di Pulau Sempu, Anda akan mendapatkan pengalaman petualangan yang berkesan di hati. Mengunjungi laguna di Pulau Sempu, lalu membentangkan kemah untuk bermalam di tepi laguna tersebut akan menghadirkan suasana intim di tengah hutan tropis yang lebat. Berenang di air laguna yang tenang serta bermain-main di tepiannya adalah kegiatan menarik yang tak terlewatkan.Tempat wisata Pulau Sempu di Malang secara administratif adalah bagian dari Desa Tambak Rejo Desa, Kec. Sumbermanjing Wetan. Untuk dapat sampai di Pulau Sempu, Anda harus tiba terlebih dahulu di Pantai Sendang Biru, Malang. Dari pantai Sendang Biru, Anda dapat menyewa perahu yang akan mengantarkan Anda tiba di kawasan wisata Pulau Sempu.

Pesona Wisata Pulau Sempu
Perjalanan menuju Pulau Sempu tidaklah semudah yang kamu bayangkan. Ini adalah sebuah petualangan alam yang harus kamu lewati agar dapat tiba di sana, terutama jika kamu ingin sampai di Laguna Segara Anakan nan memikat tersebut. Dari Pantai Sendang Biru, kamu harus menyeberangi sebuah selat. Selanjutnya, saat tiba di Teluk Semut di Pulau Sempu, maka kamu harus melanjutkan perjalanan selama 2 jam menembus hutan lebat, melewati jalan yang curam, hingga akhirnya tiba di laguna. Telah tersedia jalur trekking agar kamu dapat sampai. Tidak ada hotel atau penginapan bahkan guesthouse di dalam kawasan wisata Pulau Sempu ini. Ini adalah kawasan hutan tropis yang dipenuhi pepohonan lebat. Justru berkemah di Pulau Sempu adalah hal yang menarik. Berkemah di pinggiran laguna, bersantai, bermain dan berenang, serta menikmati panorama sekitar adalah bagian dari sejumlah kegiatan menarik di tempat yang terpencil tersebut. Kamu seolah mendapatkan suasana private nan intim di tengah alam. 

Setiba di Pulau Sempu, kamu dapat mengunjungi beberapa tempat-tempat menarik di Pulau Sempu, di antaranya Pantai Waru-waru, Telaga Lele, Tiger Cave, Pantai Pasir Panjang, Pantai Pasir Kembar, dan Pantai Fresh Water. Kesemuanya akan menyuguhkan sebuah petualangan alam yang begitu mengesankan.Jika ingin berkemah, pastikan ketersediaan logistik, makanan dan minuman, telah tercukupi. Saat di Pantai Sendang Biru, pastikan hal ini tidak terlupakan. Juga, kamu harus mendaftar di pos cagar alam di Pantai Sendang Biru untuk memperoleh izin berkemah sebab Pulau Sempu adalah sebuah kawasan konservasi. Artinya, salah satu tempat wisata di Malang ini adalah wilayah yang dilindungi.

4. MADAKARIPURA, PROBOLINGGO
Air terjun Madakaripura adalah suatu air terjun yang terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Air terjun ini diberi nama dari Madakaripura, tanah perdikan milik mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit. 
Lokasinya tidak jauh dari lautan pasir Bromo, hanya sekitar 45 menit ke arah Probolinggo (ke Utara).
Untuk mencapai tempat wisata ini tidak terlalu sulit. Sebaiknya kunjungan dilakukan bila kita akan ke Bromo dari arah Probolinggo, dikarenakan searah dengan perjalanan atau saat berada di Bromo dan dilakukan pagi hari. Lokasi bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau mobil sewaan. Cara terbaik untuk sampai ke Air Terjun Madakaripura adalah menyewa mobil dari Surabaya atau Malang, atau memasukkannya dalam paket wisata bersama dengan Gunung Bromo. Dari Surabaya, ibu kota Jawa Timur, perjalanan membutuhkan waktu sekira 3 jam dengan mengambil rute antarkota ke Sidoarjo-Porong-Pasuruan-Probolinggo. 
Setelah mencapai Tongas, di sebuah pertigaan akan ada tanda arah menuju Gunung Bromo dan Air Terjun Madakaripura (ke arah kanan). Pertigaan tersebut ditandai sebuah tugu kecil tepat di tengah-tengah. Dari pertigaan, setelah menempuh perjalanan sekira 20-30 menit, Anda akan melihat tanda arah lain untuk menuju ke Air Terjun Madakaripura (ke kanan). Dari sana, jalan yang dilalui akan sedikit sempit tapi pemandangan alamnya akan dapat memanjakan mata. Ikuti jalan tersebut sampai Anda mencapai pintu masuk Air Terjun Madakaripura. 
Selanjutnya kita harus berjalan kira-kira 15 menit. Pastikan pula, Anda memakai alas kaki yang nyaman, sebab jalur yang Anda lalui adalah jalur berjalan kaki di medan yang licin,  melewati jalan setapak terbuat dari semen yang berbatu. Saat berjalan kaki ini kita juga disuguhi pemandangan indah dan menyejukkan, di samping kanan kita ada aliran sungai berbatu-batu, di kanan kiri kita diapit tebing tinggi dengan pepohonan lebat beserta iringan kicauan burung dan derikan kumbang. Terkadang di beberapa bagian jalan, terhalang oleh pohon rubuh atau ada bekas longsoran, meskipun demikian jalan ini relatif datar dan dapat dijalani dengan mudah, kalau kecapekan ada beberapa tempat di sepanjang jalan yang bisa digunakan untuk duduk-duduk beristirahat.
Bawalah pakaian ganti dan atau jas hujan saat mengunjungi air terjun cantik dan tinggi yang dikepung dinding batu yang tak kalah tinggi ini. Anda dapat juga menyewa payung untuk melindungi diri dari tirai air yang jatuh dari tebing pada jalur lintas menuju pusat air terjun. 
Air terjun ini berawal dari air yang mengalir dari tebing memanjang dan membentuk tirai, sehingga kita bisa berpayung berjalan di bawahnya. Di ujungnya, kita akan bertemu dengan sebuah ruangan berbentuk lingkaran berdiameter kira-kira 25 meter. 
Berdiri di dalam ruangan alam ini kita akan merasa seolah berada di dasar sebuah tabung, dimana terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 200 meter, dengan limpahan air yang jatuh dengan derasnya dari atas dan berubah menjadi selembut  kapas ke kolam berwarna kehijauan. Air yang jatuh di kolam ini menimbulkan bunyi yang berirama, terkadang bunyi yang ditimbulkannya lebih keras dikarenakan air yang jatuh lebih deras. Pesona sinar matahari yang menyorot lumut hijau basah di dinding berbatu disertai suara gemuruh air adalah sebuah keindahan tontonan yang tidak mungkin ditemukan di tempat lain. Keunikan dan kesejukan air terjun ini membuat kita betah berlama-lama memandanginya. 

Sesudah puas main air dan kedinginan, kita bisa menikmati minuman panas di warung dekat air terjun sebelum berjalan kaki lagi menuju tempat parkir. Mengingat Air Terjun Madakaripura berada di kawasan wisata Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru maka terdapat banyak pilihan akomodasi sekitar Gunung Bromo yang dapat juga menjadi titik awal menuju air terjun yang memukau tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar