Selasa, 06 Januari 2015

Jangan Suka Minta Oleh-oleh pada Teman yang Mau Berpergian


“Mas Raymod mau ke Suriah ya?, bawain gue oleh-oleh permen rasa jahe dong..!: Pinta si Udin pada tetangganya yang mau pergi ke Suriah.





Hai guys....mau tanya nih (kepo banget)...apakah kamu termasuk orang yang rajin meminta oleh-oleh pada teman kamu yang kebetulan bepergian ke luar kota atau ke luar negeri?. 

Kalau kalian menjawab ya, coba deh pikirkan kembali kebiasaan ini sambil menimbang-nimbang betapa repotnya orang yang kamu mintai oleh-oleh sesuai keinginan kamu.
Terlebih lagi kebiasaan ini kamu lakukan tanpa memberikan uang untuk membelikan barang yang kamu inginkan dan hanya berharap teman yang bepergian tersebut meluangkan waktu dan materi untuk sebuah keinginan kamu huhuhuhu kacian tuh temen kamu.

Mengapa saya mengajak berpikir ulang tentang kebiasaan tersebut ?, gampang aja sih guys.... karena beberapa hal yang harus kita kaji ulang akibat kebiasaan pesan oleh-oleh yang kita minta, antara lain :
  1. Apakah kita sudah berfikir bahwa teman yang kita minta oleh-oleh belum tentu sedang dalam kondisi memiliki uang yang cukup.
  2. Teman memiliki waktu yang terbatas untuk mencari oleh-oleh yang kita minta
  3. Teman kita juga sudah direpotkan membawa oleh-oleh yang mungkin disiapkan untuk keluarganya.
  4. Pada kasus bepergian dengan pesawat terbang dimana setiap penumpang hanya mendapatkan free bagasi antara 20-30 kg (tergantung maskapai/kelas penumpang) tentu saja akan merepotkan ketika gara-gara oleh-oleh yang kita pinta menambah beban biaya tambahan yang harus dibayar teman kita.
  5. Dan banyak hal kesulitan yang akan teman kita dapatkan akibat pesanan oleh-oleh yang kita minta pada teman.

Kebiasaan kita yang sering meminta oleh-oleh pada teman/saudara yang hendak bepergian ke luar kota atau ke luar negeri seringkali kita lakukan tanpa mempertimbangkan hal-hal yang saya tulis di atas. Padahal bisa jadi kebiasaan ini sangat merepotkan dan membebani teman kita yang bepergian.

Terus guys...langkah yang terbaik dan juga yang pantas kita lakukan saat mendengar teman/saudara akan bepergian adalah
  1. Bantuin packing
  2. Menawarkan bantuan kendaraan ke bandara, atau 
  3. Mencarikan tiket murah 
  4. Serta hal-hal yang memudahkan teman kita dalam melakukan persiapan sebelum pemberangkatan.

Jadi inget ya guysss.....memudahkan teman/saudara yang akan bepergian tentunya akan menyenangkan mereka ketimbang harus merepotkan dengan permintaan oleh-oleh yang kamu pinta udah gitu gak menyertakan uang lagi untuk membelinya heheheh....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar